Point of care test: Uji Cepat Antibodi IgG Aspergillus Untuk Diagnosis Aspergillosis Paru Kronis

Hasil uji cepat deteksi antibodi IgG Aspergillus.

Tim riset dari Pusat Mikosis Paru FKUI-RS Persahabatan bekerjasama dengan peneliti University of Manchester mempublikasikan hasil uji cepat deteksi antibodi IgG Aspergillus pada pasien dengan riwayat tuberkulosis (TB) di Indonesia. Artikel yang berjudul “Chronic pulmonary aspergillosis in post tuberculosis patients in indonesia and the role of LDBio Aspergillus ICT as part of the diagnosis scheme” berhasil menembus jurnal internasional bereputasi Q1. Artikel ini merupakan laporan riset pertama yang melakukan validasi penggunaan uji cepat IgG Aspergillus pada populasi Indonesia.

Dr. Anna Rozaliyani, M.Biomed, Sp.P(K) selaku ketua tim riset menyampaikan bahwa metode ini merupakan terobosan baru dalam diagnosis Aspergillus Paru Kronis (APK) karena hasil pemeriksaan ini bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 3 jam sehingga sangat membantu dokter dalam menegakkan diagnosis dan memberikan tatalaksana yang sesuai pada pasien. Uji cepat ini memiliki sensitivitas 80% dan spesifisitas 70% ketika diujikan pada 90 pasien dengan riwayat TB. Pasien yang mengikuti penelitian ini pasien bekas TB dengan hasil GenXpert negatif dan dinyatakan telah menyelesaikan pengobatan TB sebelumnya, namun datang kembali ke rumah sakit karena adanya gejala saluran napas. Selain itu penelitian ini juga memaparkan bahwa diabetes dan riwayat merokok merupakan faktor risiko yang mengarah pada APK. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa satu dari lima pasien bekas TB yang mengalami gejala berulang setelah menyelesaikan terapi dan memiliki hasil GenXpert TB yang negatif berisiko mengalami APK. Artikel selengkapnya dapat diakses secara gratis pada link berikut ini https://www.mdpi.com/2309-608X/6/4/318.

  1. Rozaliyani, A.; Rosianawati, H.; Handayani, D.; Agustin, H.; Zaini, J.; Syam, R.; Adawiyah, R.; Tugiran, M.; Setianingrum, F.; Burhan, E.; Kosmidis, C.; Wahyuningsih, R. Chronic Pulmonary Aspergillosis in Post Tuberculosis Patients in Indonesia and the Role of Ldbio Aspergillus Ict as Part of the Diagnosis Scheme. J. Fungi, 2020, 6, 1–10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *